A.PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Psikologi adalah studi ilmiah tentang prilaku dan proses
mental.Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan
diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan
pendidikan.Bidang psikologi pendidikan didirikan oleh beberapa perintis bidang
psikologi sebelum awal abad ke-20.Ada tiga perintis terkemuka yang muncul di
awal sejarah psikologi pendidikan
1.
William
James,setelah meluncurkan buku psikologinya yang pertama,Principless of
Psychology(1890),kemudian memberikan serangkaian kuliah yang bertajuk Talks to
Teachers(1899/1993).Dalam kuliah ini dia mendiskusikan aplikasi psikologi untuk
mendidik anak.
2.
John
Dewey,pertama dari Dewey kita mendapat pandangan tentang anak sebagai
pembelajar aktif (active learned).Keduan
dari Dewey kita mendapatkan ide bahwa pendidikan seharusnya difocuskan kepada
anak secara keseluruhan dan memperkuat kemampuan anak untuk beradaptasi dengan
lingkungannya.Ketiga dari Dewey kita mendapat
gagasan bahwa semua anak berhak mendapat pendidikan yang selayaknya.
3.
E.L.Thorndike,berpendapat
bahwa salah satu tugas pendidikan disekolah yang paling penting adalah
menanamkan keahlian penalaran anak.Thorndike sangat ahli dalam melakukan studi
belajar dan mengajar secara ilmiah.Thorndike mengajukan gagasan bahwa psikologi
pendidikan harus punya basis ilmiah dan harus berfocus pada pengukuran.
B.TEKNOLOGI
Teknologi adalah tema penting dalam
pendidikan.Ada dua tipe tegnologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan
pendidikan anak penderita ketidakmampuan
adalah teknologi pengajaran (instruksional) dan teknologi asistensi
(bantuan).
·
Teknologi
instruksional (pengajaran) berupa berbagai tipe hardware dan
software,dikombinasikan dengan metode pengajaran yang inovatif,untuk
mengakomodasi kebutuhan belajar dikelas.Teknologi ini dapat berupa
video,instruksi dengan bantuan komputer ,atau program hypermedia yang kompleks
dimana komputer digunakan untuk mengontrol display dari gambar dan suara yang
disimpan di videodisc.
·
Teknologi
assistive technology (bantuan) berupa beragam perangkat dan pelayanan untuk
membantu murid penderita ketidakmampuan agar bisa berkomunikasi di lingkungan
mereka.Contohnya adalah alat bantu komunikasi,keyboard komputer alternatif, dan
alat
adaptasi lainnya.Untuk mencari
peralatan seperti itu, pendidik bisa menggunakan database komputer
seperti Device Locator System.
C.TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Revolusi teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi
dimana kita kini hidup.Revolusi teknologi benar-benar mengubah sekolah-sekolah dimasa
kini.Seperti adanya internet,Web,E-mail.Kesenjangan dalam hal teknologi
pendidikan adalah akan memperlebar jurang perbedaan antara murid kaya dan
miskin,atau antara pria dan wanita.Problem akses komputer dan pemanfaatannya
juga diperparah karena makin banyaknya komputer dirumah keluarga kelas menengah
ke atas,juga ada problem kesenjangan antarkelompok etnis.Dalam sebuah studi
oleh National Association of Education Progres ,hampir sepertiga dari murid
kulit putih memiliki komputer sendiri, sedangkan murid Latino dan Afrika Amerika
hanya sebesar seperlima.Dan keluarga dengan murid laki-laki lebih mungkin
memiliki komputer sendiri ketimbang keluarga yang punya murid perempuan.Sekolah
yang banyak memiliki murid minoritas pendapatan rendah cenderung menggunakan
komputer untuk latihan menulis atau berhitung.Sebaliknya,sekolah yang mempunyai lebih banyak murid menengah ke
atas menggunakan komputer untuk aktivitas pembelajaran yang lebih aktif dan
konstruktif.Anak laki-laki lebih mungkin menggunakan komputer untuk aplikasi
matematika dan sains sedangkan perempuan menggunakannya untuk penulisan.
Berikut untuk mencegah atau mengurangi kesenjangan dalam
akses komputer:
ü
Saring
materi teknologi untuk menghilangkan bias gender,kultural dan etnis.
ü
Gunakan
teknologi sebagai alat untuk menyediakan kesempatan pembelajaran yang aktif dan
kontruktif untuk semua murid dri semua latar belakang gender,kultural dan
etnis.
ü
Beri
murid informasi tentang pakar dan latar beakang gender dan etnis yang berbeda
yang menggunakan teknologi secara efektif dalam kehidupan dan karier mereka.
ü
Bicaralah
pada orang tua tentang pemberian aktivitaas belajar berbasis komputer dirumah.
Memilih dan
Menggunakan Teknologi di Kelas
1.
Pilih
teknologi dengan tujuan untuk membantu murid melakukan eksplorasi
aktif,menyusun,dan me-restrukturisasi informasi.
2.
Cari
cara untuk menggunakan tenologi sebagai bagian dari pembelajaran kolaboratif
dan pembelajaran dunia nyata.
3.
Pilih
teknologi yang menyajikan model positif bagi murid.
4.
Keahlian
pengajaran anda amat penting,terlepas dari teknologi yang anda pakai.
5.
Teruslah
mempelajari teknologi dan tingkatan pengetahuan dan kompetensi dibidang
teknologi.
Damfak positif
teknologi pada pendidikan:
1.
Informasi
yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan
pendidikan.
2.
Inovasi
dlam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang
semakin memudahkan proses pendidikan.
3.
Kemajuan
teknologi juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang
berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik
berada dalam satu ruangan.
4.
Sistem
administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar
karena penerapan sistem teknologi.
Damfak negatif
teknologi pada pendidikan:
1.
Kemajuan
teknologi juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap HAK
Atas Kekayaan Intelektual (HAKI ) karena semakin mudahnya mengakses data
menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
2.
Walaupun
sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah sistem tanpa
celah,akan tetapi jika terjadi suatu kebocoran dalam menjalankan sistem
tersebut akan berakibat fatal.
3.
Salah
satu dampak negatif teknologi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan
bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar